DUNIA ANIMASI

June 22, 2009

ke enambelas

Filed under: non berita — asiaaudiovisualra09pernandacakrabuanakusuma @ 2:45 pm
Tags:

Doraemon Jadi Duta Besar Budaya Animasi Dunia

Kementerian Luar Negeri Jepang menunjuk tokoh kartun asal Jepang Doraemon sebagai duta budaya animasi seluruh dunia. Penunjukan ini dilakukan atas dasar rapat dari Kementerian Luar Negeri Jepang, ahli budaya pop, ahli komik, kaum professional dan pihak Shogakkan Production selaku pemegang lisensi Doraemon di Jepang.

Tokoh berupa kucing dengan kantung ajaib ini telah dilantik sebagai Duta Besar Budaya Animasi pada bulan Maret 2008 di Jepang untuk memerkenalkan budaya dan adat istiadat masyarakat Jepang ke seluruh dunia. “Kunjungan Doraemon ke Indonesia sudah dua kali. Tapi kunjungan kali ini sangat spesial karena bertepatan dengan 50 tahun persahabatan Indonesia-Jepang,” sambut atase Kebudayaan Kedutaan Besar Jepang Yukari Kaji saat jumpa pers di Jakarta, (17/6).

Keberadaan tokoh kartun yang sudah menyapa masyarakat Indonesia sejak 18 tahun lalu ini sudah dikagumi oleh masyarakat di seluruh dunia. Selama ini tokoh kartun yang diputar di RCTI tersebut memberikan inspirasi kepada anak-anak hingga orang tua. Lanjut Yukari, melalui film-filmnya Doraemon mampu memberikan gambaran tentang cara berpikir dan cara bertindak masyarakat Jepang.

Pemerintah Jepang telah membuka hubungan diplomatik kedua ke Indonesia mulai 20 Januari 1958. Pada saat itu, Menteri Luar Negeri Jepang Aiichiro Fujiyama menandatangani perjanjian Perdamaian dengan Indonesia yang diwakili oleh Menteri Luar Negeri Dr.Soebandri. “Indonesia telah bersahabat dengan Jepang sejak 50 tahun lalu. Dengan penunjukan Doraemon sebagai Duta Besar Budaya Animasi ini semoga makin mengukuhkan persahabatan kedua negara dalam 50 tahun ke depan bahkan selamanya,” tegas Susi Luhulima, sekretaris Komite Budaya Perhimpunan Persahabatan Indonesia Jepang (PPIJ).

Organisasi PPIJ sendiri adalah organisasi yang mengedepankan hubungan persahabatan dan saling pengertian kedua negara sejak 1981. Hubungan yang dimotori oleh  alumni pelajar Indonesia di Jepang ini telah mengadakan pertukaran bidang budaya, olahraga, pendidikan, teknologi, aktivitas sosial dan ekonomi, termasuk mendatangkan Doraemon ke Indonesia.  Dalam kunjungannya ke Indonesia ini, Doraemon akan mengadakan roadshow untuk film Doraemon the Movie, Nobita dan Dinosaurus yang akan tayang mulai 9 Juli 2008 ke Jabodetabek, Medan, Pekanbaru, Bandung, Semarang, Surabaya, Makassar, Palembang, Batam, Pontianak dan Tanjung Pinang.

Maya Barack, ketua pelaksana dari Go Ad Communication pun merasa bangga bisa menyelenggarakan kegiatan bersama Doraemon di Indonesia. Kegiatan terdekat ini adalah Doraemon Dreamland, sebuah atraksi permainan berupa 17 wahana yang diperuntukkan bagi anak usia TK hingga dewasa.  Selain itu, kegiatan yang akan bertempat di Kartika Expo, Balai Kartini Jakarta 20 hingga 29 Juni 2008 ini ada festival makanan Jepang, gambar asli kartun Doraemon dari pengarang aslinya, Fujiko Fujio serta penyediaan komik Doraemon jilid penuh dalam dua bahasa, Indonesia dan Jepang.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: