DUNIA ANIMASI

June 22, 2009

ke tujuhbelas

Filed under: non berita — asiaaudiovisualra09pernandacakrabuanakusuma @ 2:56 pm
Tags:

ENCHANTED: Terpikat Pangeran di Negeri Dongeng Abad 21

Inilah kisah yang diangkat dari dunia dongeng yang tak kunjung habisnya itu. Warna-warni kehidupan puteri jelita yang memimpikan pasangan hidup yang tampan dan tentu saja seorang raja, menjadi semacam legenda yang selalu asyik untuk disimak.

Sutradara Kevin Lama, yang pernah menyutradarai film 102 Dalmatians (2000) dan Tarzan (1999) kembali menyuguhkannya. Ada rasa baru yang dicoba ditawarkan. Lama memilih menggabungkannya antara dunia imajinasi dengan dunia sesungguhnya. Yap, sebuah produk animasi yang penuh imajinasi itu, kemudian meloncat dalam sebuah wujud yang nyata.

Lebih jelasnya, tokoh-tokoh animasi itu tiba-tiba saja menjelma menjadi sosok manusia yang sesungguhnya. Inilah yang dialami Puteri Giselle (Amy Adams) dari negeri dongeng.

Pada sebuah siang. Giselle tiba-tiba saja merasa begitu asing dengan lingkungan di sekitarnya. Tak satu pun orang yang ia kenali. Suasana pun drastis berubah. Tak ada lagi hamparan rumput yang indah, sungai-sungai yang mengalir jernih dan segala pemandangan nan elok.

Giselle tampak linglung. Ia justru seperti orang udik yang tersesat di sebuah kota metropolitan bernama New York. Gaun putih yang khas dikenakan para puteri raja, seolah  menjadi aneh di tengah hiruk-pikuk orang-orang yang melintas di sebuah sudut kota padat penduduk itu.

Giselle tersesat di belantara hutan beton pencakar langit. Tak ada yang menolongnya, hingga akhirnya seorang bocah tertarik perhatiannya pada sosok Giselle yang terkesan aneh.

Tak ada yang tahu, jika Giselle adalah seorang puteri dari negeri entah-berantah di negeri dongeng. Dari sini lah, Lama, sutradara itu, mencoba menghadirkan ruang yang berbeda: Dunia animasi dan dunia yang sebenarnya.

Sedikit mengulas, kehadiran Giselle di kota New York terkait kelakuan Ratu Narissa (Susan Sarandon), ibu tiri kekasihnya, Pangeran Edward (James Marsden), yang dikenal bengis. Ia  sengaja menjauhkan Giselle dari pangeran pujaan hatinya. Giselle di buang hingga terdampar di New York, AS. Meloncat pada sebuah era yang tak pernah dijumpainya.

Pada adegan inilah, Lama, tak lagi menghadirkan Giselle dalam bentuk animasi, tapi sosok manusia yang seutuhnya. Pengalaman sang puteri di kota New York, tentu menjadi cerita yang menarik untuk di simak. Konflik inilah yang cukup mencuri perhatian.

Cerita yang disodorkan penulis skenario Bill Kelly, lumayan menghibur dengan segala gimick yang dihadirkannya. Memancing penonton untuk terus mengetahui babak demi babak cerita yang  disajikan.

Pertemuan dengan Morgan (Rachel Covey), bocah cilik itu, membawa cerita tersendiri. Kehadiran Giselle, seolah membawa malapetaka buat sang ayah, Robert (Patrick Dempsey). Hubungan asmara yang dibina Robert, ayah Morgan, dengan seorang perempuan nyaris berantakan lantaran kehadiran Giselle.

Buntutnya, konflik kian ramai dihadirkan. Nancy (Idena Menzel), kekasih Robert, dibakar api cemburu. Ia tak sudi ada perempuan lain di hati Robert. Tapi, tak sedikit pun perasaan lain hadir  di hati Giselle maupun Robert. Giselle masih yakin sang pangeran akan datang menjemputnya dari dunia yang hiruk-pikuk itu.

Satu masalah kelar, masalah lain muncul. Ambisi  Ratu untuk menghabisi Giselle masih terus membara. Giselle pun jadi incaran untuk dihabisi.

Menyaksikan dunia dongeng, pada akhirnya terasa tipis dengan dunia sebenarnya. Cerita tentang Giselle dan kisah cintanya selalu akan mengembara tak terbatas waktu dan ruang. Ya, seperti kisah cinta Giselle dan lelaki pujaannya.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: