DUNIA ANIMASI

July 6, 2009

ke sembilanbelas

Filed under: non berita — asiaaudiovisualra09pernandacakrabuanakusuma @ 3:21 am
Tags:

Membuat Animasi di Web

Penge menampilkan avatar yang keren dan imut di profil jejaring sosial kamu tapi tidak menguasai banyak sotoshop (potoshop). Sekarang semua itu bisa kamu lakukan dengan membaca artikel ini lebih lanjut.

Jika Anda tidak familiar dengan aplikasi Photoshop atau pengolah gambar lainnya, Anda dapat menggunakan layanan online yang sangat mudah penggunaannya ini, Gickr.

Pertama-tama yang harus Anda siapkan adalah beberapa gambar dan pastikan bahwa gambar-gambar tersebut memiliki ukuran yang sama agar hasilnya bagus. Klik tombol Browse untuk menentukan gambar, klik link Add one more picture untuk menambah kotak jumlah input untuk menampung lebih banyak gambar dengan batas maksimum 10 gambar.

Sebelum mengunduh hasilnya kita akan diberikan pilihan untuk mengatur ukuran gambar dan waktu jeda untuk tiap pergantian gambar. Setelah selesai dengan pengaturannya baru klik link Continue di pojok kanan.

Sebenarnya Gickr juga menyediakan cara alternatif lain untuk membuat GIF teranimasi yaitu dari gambar yang di-hosting pada situs media seperti Flickr, Picasa maupun dari situs video Youtube (mengubah video FLV menjadi file GIF). Namun fitur tersebut untuk sementara waktu belum dapat berjalan dengan baik karena sebelumnya situs Gickr mengalami kerusakan server yang berat.

Gambar animasi yang dihasilkan akan langsung ditampilkan berikut dengan kode HTML, BB code dan link gambar yang langsung di-host Gickr. Jadi, Anda bisa segera menempatkan gambar di tempat lain. Jika khawatir gambar tersebut hilang, Anda bisa mengunduhnya ke komputer melalui link yang tersedia untuk mendapatkan file dalam format GIF.

Ini beberapa kegunaan dari gambar beranimasi yang saya buat melalui layanan Gickr:

Banyak wajah/ karakter dalam satu gambar
Sebagai contoh saya gunakan wajah beberapa wajah dari karakter anime. Dengan ini saya bisa menunjukkan karakter apa saja yang saya sukai. Sebelumnya usahakan gambar telah diatur sehingga memiliki ukuran yang sama, karena jika tidak maka gambar menjadi tidak beraturan.

Moga tutorial ini bermanfaat dan lebih menambah ilmu kita. Amalkanlah ilmu walau hanya sedikit.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: